oleh

Cara Uninstall Beberapa Aplikasi Android Sekaligus

Pengguna bisa mencopot pemasangan beberapa aplikasi Android sekaligus.

JAKARTA — Selama bertahun-tahun menggunakan ponsel, pengguna mengumpulkan banyak sekali aplikasi. Beberapa dari aplikasi ini mungkin hanya digunakan sekali atau dua kali karena keadaan atau kebutuhan khusus kemudian tidak pernah digunakan lagi.

Idealnya aplikasi tersebut dihapus setelah digunakan. Tetapi lebih sering tidak, karena pengguna kerap kali lupa.

Alih-alih menghapus aplikasi satu per satu, pengguna bisa mencopot pemasangan beberapa aplikasi Android sekaligus. Dilansir dari Ubergizmo, Ahad (28/11), hal pertama yang dilakukan adalah membuka PlayStore di ponsel. Kemudian ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas.

Lalu pilih “Manage Apps & Device”. Sekarang Anda akan melihat berapa banyak aplikasi yang ada di ponsel Anda dan berapa banyak ruang yang mereka gunakan di ponsel.

Ketuk di atasnya. Anda sekarang akan melihat seluruh daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Centang semua kotak aplikasi yang ingin Anda hapus.

Saat Anda siap, ketuk ikon tempat sampah. Anda akan melihat pop up konfirmasi, ketik “Uninstall”. Sekarang semua aplikasi yang Anda pilih akan diuninstall dan dihapus dari ponsel Anda.

Perlu diingat bahwa ini hanya aplikasi yang telah diunduh di ponsel melalui PlayStore. Jika ada aplikasi yang diunduh menggunakan toko aplikasi berbeda, seperti Amazon, Epic, atau Samsung dan sebagainya, Anda harus menghapusnya secara terpisah.

Sumber: Republika