oleh

Disdukcapil Kerjasama Ceria KIA dengan PAUD di Kecamatan Meuraxa


Banda Aceh – Disdukcapil Kota Banda Aceh melakukan Penandatangan Kerja Sama (PKS) dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada wilayah  Kecamatan Meuraxa di Kantor Disdukcapil Kota Banda Aceh, Senin (10/01/2022).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh, Dra. Emila Sovayana mengatakan di Kecamatan Meuraxa ada delapan  PAUD yang melakukan penandatanganan PKS tersebut.

“Delapan PAUD tersebut yaitu PAUD SPS Boeh Hatee Ma, PAUD SPS Bungong Seurune, PAUD  SPS Tgk.Chik Lamjabat, PAUD SPS Gaseh Sayang, PAUD SPS Putroe Meuteuh, lalu ada PAUD SPS Meulati Cueko, PAUD Aisyiah Meutuah dan PAUd SPS Tunas Bangsa,” urai Emila.

Sebelumnya, kata Emila di Kecamatan Meuraxa juga sudah ada tujuh PAUD yang sudah melakukan kerja sama dengan Disdukcapil Kota Banda Aceh lewat inovasi Ceria KIA.

Emila menjelaskan KIA memiliki banyak manfaat yaitu sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah, persyaratan pendaftaran sekolah, untuk melakukan transaksi keuangan, untuk pelayanan kesehatan, untuk pembuatan dokumen keimigrasian dan mencegah terjadinya perdagangan anak.

Emila mengatakan kerja sama tersebut sebagai upaya percepatan pembuatan KIA di Kota  Banda Aceh yang saat ini sudah mencapai 80% melebihi angka pencapaian KIA secara nasional.

“Secara nasional persyaratan pemenuhan KIA di suatu daerah itu 30% dan Banda Aceh  sudah mencapai 80% artinya kesadaran masyarakat tentang KIA di Kota Banda Aceh sudah sangat bagus dan ini diraih tentunya berkat kerjasama yang telah kita lakukan dengan PAUD dan TK-TK  di Banda Aceh,” kata Emila.

Emila menambahkan, Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak.MM sangat mendukung upaya pemenuhan KIA tersebut terutama untuk meningkatkan hak sipil menuju Banda Aceh sebagai kota layak anak.

Emila berharap, adanya kerja sama ini masyarakat dapat dengan mudah memiliki dokumen kependudukan dengan cepat yang tujuannya adalah untuk membahagiakan masyarakat.(Rid/Hz)

Sumber: Diskominfo Banda Aceh

Komentar