oleh

IKS Tertinggi, Puskesmas Kuta Alam Raih Penghargaan dari Kemenkes RI

-Kutaraja-13 views

Banda Aceh – Puskesmas Kuta Alam Kota Banda Aceh mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia sebagai Puskesmas dengan Indeks Keluarga Sehat (IKS) Tertinggi Tingkat Provinsi Aceh. Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes RI drg. Saraswati, MPH saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Ada 12 Indikator Keluarga Sehat beberapa diantaranya keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB), ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan lainnya.

Kepala UPTD Puskesmas Kuta Alam drg. Lia Silvianty mengatakan bahwa Puskesmas Kuta Alam bersaing dengan seluruh provinsi se Indonesia. Dan dari hasil penilaian dari Kemenkes menetapkan tiga puskesmas Kota Banda Aceh mendapatkan nilai IKS tertinggi untuk Provinsi Aceh.

“Alhamdulillah merasa bersyukur dan bangga, menjadi salah satu penerima penghargaan dari tiga puskesmas dengan IKS tertinggi tingkat Provinsi Aceh. Dua lainnya yaitu Puskesmas Ulee Kareng dan Puskesmas Kopelma Darussalam,” kata Lia, Selasa (7/12/2021).

Lia menjelaskan tahapan penetapan kategori puskesmas IKS pada awalnya dilakukan survei keluarga sehat dengan pendekatan keluarga langsung ke wilker Kuta Alam. Selanjutnya dilakukan pemetaaan di enam gampong di Kecamatan Kuta Alam. Setelah mendapatkan hasil survei IKS lalu dilakukan penginputan ke dalam aplikasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

“Setelah dilakukan penginputan dalam aplikasi tersebut kita akan mengetahui keluarga mana yang akan diintervensi lebih lanjut dan apabila ada perubahan data maka kita perbaiki data aplikasi tersebut. Penilaian dari Kemenkes diperoleh dari aplikasi PIS-PK tersebut,” jelas Lia.

“Harapan dan target ke depan, seluruh komponen masyarakat yang berada di enam gampong Kecamatan Kuta Alam menjadi keluarga sehat melalui Program PIS/PK,” ungkapanya.

Atas Penghargaan tersebut, Camat Kuta Alam Reza Kamilin, S.STP ucapkan selamat dan mewakili warga Kuta Alam turut berbangga atas capaian penghargaan yang diraih oleh Puskesmas Kuta Alam.

“Mudah-mudahan ini juga menggambarkan kesehatan masyarakat dan keluarga di Kecamatan Kuta Alam menjadi lebih baik,” kata Reza.

Menurutnya, kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit menular maupun tidak menular, terciptanya lingkungan rumah yang sehat termasuk juga kesehatan jiwa dari seluruh warga Kuta Alam juga tercermin dari hasil yang diperoleh ini.

“Kami siap memberi dukungan untuk menjadikan Puskesmas Kuta Alam menjadi lebih baik,” pungkasnya.(Hus/Hz)

Sumber: Diskominfo Banda Aceh

Komentar