oleh

Pemko Banda Aceh Targetkan 40 Persen Lansia Divaksin Covid-19


*Gebyar Vaksinasi Lansia Tahap Kedua

Banda Aceh – Capaian vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) di Kota Banda Aceh hingga Selasa (12/10/2021) baru mencapai 24 persen. Pemko Banda Aceh terus berupaya meningkatkan partisipasi para lansia untuk mengikuti vaksinasi, salah satunya dengan menggelar gebyar vaksinasi lansia tahap kedua selama tiga hari mulai dari Rabu-Jum’at (13-15 Oktober).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) drg. Supriady mengatakan saat ini Banda Aceh berada di PPKM level 3, dan untuk turun ke level 2 salah satu indikator penilaiannya adalah jumlah cakupan lansia minimal 40 persen.

“Dari 13.493 orang lansia di Kota Banda Aceh, kita targetkan 40 persennya dapat melakukan vaksinasi di acara gebyar vaksinasi lansia yang digelar serentak oleh 11 puskesmas selama 3 hari kedepan”, ujarnya.

drg. Supriady mengungkapkan banyak lansia yang enggan melakukan vaksinasi Covid-19 karena memiliki riwayat penyakit tertentu.

“Sebelum divaksin semua peserta akan dilakukan skrining awal oleh dokter, kita tahu banyak lansia yang menderita komorbid. Untuk lansia yang tidak menderita komorbid dan dinyatakan layak divaksin oleh tenaga medis untuk dapat segera melakukan vaksinasi,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Banda Aceh melalui puskesmas sejauh ini telah melakukan penyuluhan keliling dan menginformasikan kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi lansia.

“Sosialisasi vaksinasi melalui media cetak dan elektronik juga kita lakukan. Dan untuk 3 hari kedepan, kepada lansia yang melakukan vaksinasi akan mendapatkan reward berupa sembako yang diberikan langsung setelah peserta melakukan vaksinasi,” ujar drg. Supriady.(TM/Hz)

Sumber: Diskominfo Banda Aceh

Komentar