oleh

Peserta Latsar CPNS Kota Banda Aceh Ikuti Seminar Rancangan Aktualisasi


Banda Aceh – Sebanyak 40 orang peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan 1 Formasi Tahun 2019 Pemerintah Kota Banda Aceh mengikuti Seminar Rancangan Aktualisasi yang berlangsung di Aula Hotel Grand Aceh Syariah, Rabu (13/10/2021).

Pada kegiatan ini peserta dibagi menjadi 4 kelompok, dengan penguji dan coach berasal dari BKPSDM Kota Banda Aceh dan BPSDM Provinsi Aceh. Yaitu pada kelompok pertama coach Dra. Santi Melvita, M.Pd dan penguji Nailul Authar, SE, MM, kelompok ke dua coach Triyana, M.Ag dan penguji Arie Maulakafka, S.Sos, kelompok ke tiga coach Drs. Bustamam, MM dan penguji T. Meurah Mirza, MT dan kelompok ke empat coach Drs. Zulkifli Ahmad, MM dan penguji Drs. Tarmizi, MM.

Kepala BKPSDM Kota Banda Aceh, Arie Maulakafka, S.Sos yang juga menjadi penguji dalam kegiatan tersebut menyebutkan bahwa seminar rancangan aktualisasi merupakan bagian dari salah satu latsar CPNS.

“Sesuai dengan arahan Wali Kota Banda Aceh, kegiatan ini menjadi salah satu bagian penting dalam latsar CPNS sedangkan yang menjadi indikator penilaian diantaranya adalah kualitas penetapan isu, jumlah rencana kegiatan, kualitas rencana kegiatan, relevansi rencana kegiatan dengan aktualisasi dan teknik komunikasi,” sebut Arie.

Senada dengan itu, Kabid Pengembangan Kompetensi dan Disiplin Aparatur, Marzuki, SH, melalui Kasubbid Diklat dan Sertifikasi, Fitri Widyawati, S.STP, M.Si, menambahkan, usai kegiatan seminar rancangan aktualisasi, peserta akan masuk pada tahapan off campus untuk mengimplementasikan rancangan aktualisasi.

“Setelah mengikuti kegiatan seminar, peserta latsar masuk pada tahapan off campus untuk mengimplementasikan rancangan aktualisasi itu selama 30 hari kerja,” imbuh Fitri.

Hasil implementasi aktualisasi (habituasi), kata Fitri, akan kembali diseminarkan di depan penguji, coach dan mentor pada akhir kegiatan pelatihan latsar.(Hus/Hz)

Sumber: Diskominfo Banda Aceh

Komentar