oleh

Sosok Perusak Dominasi PSG Diincar oleh Newcastle United

Ia juga pernah bekerjasama dengan Jose Mourinho di Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE — Luis Campos disebut-sebut dipertimbangkan untuk menjadi direktur olahraga baru Newcastle United. Catatan apiknya saat bekerja di AS Monaco dan Lille menjadi alasannya dia layak direkrut. Campos membawa dua klub tersebut meraih gelar Ligue 1. Hanya dua tim tersebut yang memenangkan Ligue 1 Prancis selain Paris Saint-Germain (PSG) dalam sembilan tahun terakhir.


Pria 57 tahun tersebut salah satu faktor kesuksesan AS Monaco dan Lille merusak dominasi PSG. Pemilik baru Newcastle mempunyai kekayaan melimpah untuk merekrut orang-orang kelas atas demi menjadikan The Magpies sebagai tim penantang gelar di masa depan.


Newcastle ingin mencari orang yang bisa memegang proyek jangka panjang salah satunya memenangkan Liga Primer Inggris. Campos dinilai orang tepat duduk di direktur olahraga. Pasalnya, selain mampu membawa dua AS Monaco dan Lille juara Ligue 1 Prancis, ia juga memberikan untung besar dari penjualan pemain lebih dari 500 juta poundsterling dalam empat tahun.


Kylian Mbappe, Fabinho, Thomas Lemar, Bernardo Silva dan Anthony Martial semuanya ditemukan tanpa biaya dan dijual dengan harga mahal. Mengangkat trofi sambil menghasilkan uang besar menjadi kebiasaan Campos yang dijuluki ‘The Wizard of Capital Gains’.


Campos menjadi direktur olahraga AS Monaco pada 2013 setelah bekerja dengan Jose Mourinho di Real Madrid. Selama empat tahun membangun tim, ia mempersembahkan gelar Ligue 1 Prancis untuk pertama kalinya sekal 17 tahun.


Kemudian di Lille, Campos terus berkembang dengan menjual banyak pemain, termasuk Nicolas Pepe dan Gabriel ke Arsenal dengan keuntungan hampir 90 juta Poundsterling. Bahkan setelah kepergian dua pemain tersebut, Lille memenangkan Ligue 1 Prancis musim lalu untuk pertama kalinya dalam satu dekade.


Campos dapat melihat proyek baru Newcastle sangat mirip dari apa yang telah dikerjakan di AS Monaco dan Lille. Newcastle memiliki sejarah kejayaan di masa lalu namun meredup seiring berjalannya waktu. Mereka menantikan Newcastle mengangkat tropi lagi dan menjadi tim yang disegani.


Bos Newcastle Amanda Staveley mengatakan klub ingin menjadi penantang gelar Liga Inggris dalam lima tahun ke depan. Ambisi ini membuat posisi Steve Bruce sebagai pelatih terancam. Mereka dapat mencari pelatih baru yang lebih menjanjikan. Campos sekarang menjadi agen bebas. Dia sebelumnya dikaitkan dengan Arsenal, Tottenham Hotspur dan Manchester United.


“Saya menganggap diri saya istimewa untuk berada di daftar pendek klub profil ini, dan jelas merasa bangga dan terhormat tentang hal itu. Sebagai pesaing, Saya jelas akan menyukai tantangan itu. Saya siap,” kata Campos dilansir dari Sky Sports, Kamis (14/10).

Sumber: Republika

Komentar